Minggu, 28 Oktober 2012

SEJARAH AWAL KK RS.MEDIKA BSD

Sejarah AWAL KK RS.Medika BSD

Komite Keperawatan sebagai Mesin Penggerak Keperawatan di RS.Medika BSD

Adien's menulis,
Perawat sebagai bagian dari tim kesehatan yang ada di rumah sakit, merupakan komunitas terbanyak dari profesi yang ada di rumah sakit. Sebagai komunitas yang terbanyak, baik buruknya perawat perawat di sebuah rumah sakit akan berdampak terhadap citra rumah sakit sebagai pemberi layanan kesehatan kepada masyarakat. Wacana tentang komunitas keperawatan telah lama disampaikan oleh Prof Ma’arifin Husein sejak beberapa tahun yang lalu, dan konsep tentang Komite Keperawatan; sebagaimana di rumah sakit juga ada Komite Medis, Komite Keperawatan mempunyai dasar hukum yang cukup kuat, yaitu berdasar Kep Mendagri No. 1 tahun 2002. Dalam Kep Mendagri tersebut menyebutkan bahwa di Rumah Sakit terdapat Komite Medis, dan Komite Keperawatan. Komite Keperawatan disebutkan adalah merupakan kelompok profesi perawat/ Bidan yang anggotanya terdiri dari perawat, bidan, dan mempunyai tugas membantu direktur menyusun standar keperawatan, pembinaan askep, dan pembinaan etika.

Beranjak dari sinilah kami bersama, teman-teman PPNI Komisariat RS.Medika BSD berani memulai serangkaian perjuangan panjang mendesak segera dibentuknya Komite Keperawatan di RS.Medika BSD. Komite keperawatan adalah kelompok kerja keperawatan yang bersifat fungsional yang beranggotakan seluruh perawat di RS.MEdika BSD. Dibentuknya komite keperawatan adalah untuk menghimpun anggota fungsional perawat dalam menyampaikan ide-ide/ pemikiran dan gagasan sehingga dapat memberikan masukan kepada Manajemen Rumah Sakit tentang pengembangan dan peningkatan Mutu Keperawatan RS.Medika BSD.
Tujuan dibentuknya komite adalah :
  1. Mewujudkan profesionalisme profesi perawat di RS.MEdika BSD
  2. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di RS.Medika BSD
  3. Meningkatkan citra keperawatan RS.Medika BSD
  4. Mewujudkan profesi keperawatan sebagai profesi yang mandiri dan sejajar dengan profesi lain di RS.Medika BSD
  5. Mewujudkan Visi RS.Medika BSD
Dalam melaksanakan tugas Komite Keperawatan, dilakukan pemilihan secara langsung, umum, bebas dan rahasia bagi perawat yang ada di RS.Medika BSD untuk dipilih menjadi Dewan Perwakilan Komite Keperawatan sebanyak 10% dari jumlah keseluruhan perawat, yang berfungsi untuk mewakili seluruh perawat yang ada di RS.Medika BSD dan bertugas untuk memfasilitasi perawat dan bekerja dalam struktur kerja sebagai berikut :
  1. Ketua
  2. Sekretaris
  3. SUB KOMITE
  • Sub Komite Kredensial
  • Sub Komite Mutu dan Profesi
  • Sub Komite Etik
“Perjuangan ini baru dimulai” ............... “Alone-alone asal kelakon, teman sejawat!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar